Selasa, 30 Desember 2008

Ketika lemparan sepatu wartawan menjawab kebencian terhadap penguasa



Oleh:Hendrianto

Kesombomgan dan keangkuhan presiden Amerika serikat seperti george bush berakhir di tangan seorang wartawan, Bush yang selama ini di nilai sebagian orang di dunia ini menggunakan kekuatan militernya untuk menyelesaikan suatu masalah, di balas oleh seorang wartawan irak yang merasa prihatin melihat keadaan Negara nya yang porak poranda akibat keangkuhan bush, pembalasan tersebut dilakukan nya dengan cara pelemparan sepatu, hal itu di lakukan wartawan tersebut di saat bush mengadakan konfrensi pers terkait berakhirnya masa jabatan nya sebagai seorang presiden.

Tentu saja kejadian pelemparan sepatu terhadap presiden “number one” di dunia ini mengundang perhatian orang banyak, orang paling berkuasa di dunia ini mendapatkan sorotan yang memalukan, apalagi mungkin hampir seluruh media terkemuka di dunia ini menayangkan bagaimana seorang presiden di lempar oleh seorang wartawan dengan sepatu.

Walaupun tindakan ini merupakan perbuatan kurang terpuji, namun apa yang di lakukan oleh seorang wartawan irak tersebut adalah merupakan sebuah kejujuran, karna profesi seorang wartwan adalah merupakan panggilan hati nurani dan terus mengabdi kepada rakyat, namun setelah kita telaah sejenak apa yang di perbuat oleh wartawan tersebut sangat wajar dan masuk akal, karna sudah bertahun rakyat irak tertindas akibat serangan senjata canggih milik Negara adidaya tersebut, berdasarkan informasi yang disiarkan oleh media terkemuka, akibat serangan babi buta amerika tersebut, irak telah kehilangn ratusan ribu bahkan hamper jutaan nyawa dalam kurun 8 tahun serangan amerika ke irak tersebut.

Mungkin betul apa yang di katakan banyak pengamat Amerika bahwa George bush adalah presiden terburuk yang pernah di miliki amerika. Keputusan bush menduduki Irak , mulai dari maret 2003, telah membuat Irak mengalami petaka social, politik,ekonomi bahkan petaka peradaban yang sangat parah.

Alasan bush menghancurkan Irak ternyata bertumpu pada dua kebohongan dan satu ilusi bodoh, irak harus di serbu karena pertama. Menyimpan senjata pemusnah missal dan kedua, mempunyai jaringan resmi dengan Al-qaedah. Sedangkan ilusi bodoh itu membayangkan demokrasi ala Amerika dapat ditegakkan di Irak lewat pendudukan militer, Sekitar 600.000 mati akibat keganasan perang, sedangkan sisanya karena penyakit dan musibah yang lain.

Ketika rakyat AS dan publik opini dunia mengharap Bush segera berakhir, karena betapa pun perang Irak itu mustahil dapat dimenangi, Bush mengambil langkah yang mengejutkan dunia. Pemerintah boneka AS menggantung Saddam Husein secara sadis sambil mengabaikan keadilan hokum

Senen (15/12) benar-benar menjadi sejarah buat seorang ahli politik yang bertaraf Presiden, Presiden di lempar sepatu?. Beliau amat malu kerana apa yang 'diterima' bukanlah bom atom atau peluru tetapi hanyalah sepasang sepatu. Namun begitu, marwah beliau benar-benar tercela di mata dunia kerana apa yang telah terjadi memalukan bagi seorang yang bergelar Presiden 'the number one'.

Kebencian rakyat Iraq khususnya dan dunia umumnya terhadap Presiden Amerika Syarikat itu tidak bisa lagi digambarkkan dengan kata-kata. Tidak diketahui pula apa yang akan terjadi terhadap wartawan tersebut tetapi yang pastinya beliau akan menerima 'balasan' yang setimpal. Jangan kan seorang wartawan seorang presiden seperti Saddam Hussein bisa di seretnya hingga ke tiang gantungan, apalagi seorang wartawan yang 'tidak bernilai' dimata seorang 'Monster' seperti Bush.
.
Apa yang terjadi terhadap Bush mungkin menjadi pelajaran bagi ahli politik atau penguasa di kepri ini, “ingat nama besar tidak akan selamanya abadi, suatu saat akan hilang oleh hal hal kecil” ini merupakan peringatan dan pengajaran bahawa setiap tindakan yang diambil akan memberi kesan sama besar dengan apa yang di lakukan, pembalasan itu akan terjadi dalam jangka panjang atau atau pendek. Dilempar sepatu mungkin lebih hina dirasakan di bandingkan dengan ditembak bagi segelintir 'orang besar'. Mungkin Bush akan terlena sedikit selepas januari tahun depan namun bayang-bayang rakyat irak yang dizalimi akan sentiasa mengekori beliau. Selamat beristirahat buat Bush.”Nikmatilah sisa-sisa hidupmu dan segeralah bertaubat”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar